Widget by Blogger Buster

16 Jun 2011

Linux Jatirogo


Linux Jatirogo (Linux Mint Remix)
Jatirogo Must Go Open Source

Lama tidak posting, mungkin karena sibuk belajar remastering linux. Beberapa kali memang aku mengalami kegagalan dalam proses remastering ini, namun karena semangat untuk belajar modif FOSS (Free Open Source Software) khususnya linux, hari ini berhasil juga.
Minggu-minggu ini aku habiskan untuk belajar meremaster distro linux turunan ubuntu yakni linux mint 10 Julia. Tujuanku tidak lain adalah keinginanku untuk memperkenalkan linux dengan tampilan yang lebih fresh dibanting eh maksudnya dibanding OS closed source semisal windows kepada teman-temanku yang masih menggunkan software bajakan, khususnya di daerah Jatirogo, Tuban selain itu aku juga ingin memberikan kenang-kenangan kepada guru Itku yang dulu pernah memberiku tugas membuat poster anti pembajakan, sehingga sejak saat itu aku mulai tahu tentang dunia Open Source. Memang bagi para master linux remasteran ini tidaklah cukup menarik bahkan boleh dikatakan hanya sekedar ganti baju (memang pada dasarnya iya), namun menurutku ini cukup untuk membuat beberapa mikocok user tertarik dan berpaling. Hal tersebut terbukti, setelah Linux Jatirogo ini berhasil dibuat, banyak dari temanku yang sudah tertarik untuk mencoba, bahkan ada yang mau langsung install tanpa dual boot. (Kebanyakan dari mereka suka dengan wajahnya, tapi tak masalah yang penting mau belajar)
Mimipiku tak berakhir hanya meremaster distro yang ada, aku masih punya mimpi untuk membuat gerakan bernama JoTOS (Jatirogo Tuban go Open Source) mungkin gerakan ini suatu hari nanti akan dapat membantu memperlancar gerakan IGOS. Aku yakin itu bukan cuma mimpi, suatu hari nanti aku akan mewujudkannya dengan distro yang kental dengan Jatirogo.




Sedikit review untuk Linux Jatirogo, linux ini seperti yang aku katakan tadi masih kental dengan Linux Mint 10, selain aku masih dalam tahap belajar aku juga berharap ada temanku yang mau ikut belajar memperbaiki ini. Beberapa fitur yang aku tambahkan pada “Mint 10 Remix” ini antara lain :  
  1. apt-fast, apt-fast ini menggantikan tugas apt-get sehingga dalam proses instalasi/update yang dilakukan melalui repo/ppa bisa berlangsung lebih cepat dibanding menggunakan apt-get karena dibantu dengan axel.
  2. Wine, aplikasi ini tentunya sudah banyak dikenal oleh para user linux, namun bagi “mikocok user”? Aplikasi ini bertujuan untuk membantu para new linux user user untuk beradaptasi di lingkungan linux. Aplikasi ini berfungsi sebagai emulator program yang berjalan di lingkungan windows.  
  3. LibreoOffice, aplikasi ini pengganti OpenOffice yang sebelumnya memang sudah ada pada Linux Mint 10, dan sebagai pengganti Microsoft Office pada windows.
  4. Tampilan yang menurutku sedikit lebih fresh, dilengkapi dengan screenlets, Cairo-dock, AWN, conky, Tint2, dan efek compiz yang memang sudah ada pada Linux Mint dan semua distro linux, dengan tujuan untuk memudahkan para new user beradaptasi.   
      Tidak ada yang sulit, selama kamu mengikuti jalannya waktu. Aku yakin tidak akan menyesal jika kalian bermigrasi ke FOSS, selain didukung dengan komunitas yang selalu siap membantu, juga akan memacu kreatifitas. Namun aku sangat berharap tidak ada orang Jatirogo yang tidak mengenal FOSS, apa lagi Linux.
    Link download Linux Jatirogo Sudah tersedia, silahkan download file berikut yang didalamnya terdapat link dan beberapa penjelasan mengenai file Linux Jatirogo download . Disini aku sebagai anak Jatirogo hanya menganjurkan, untuk lebih jelasnya silahkan coba beralih ke FOSS. Saran akan saya nanti di facebook saya. 
    Nb : Mirror Linux Jatirogo Sudah Tersedia
    http://baliexoticcoffee.com/li​nux_jatirogo/ 
    http://ftp.itb.ac.id/pub/ISO-I​MAGES/linux/
     

    11 comments:

    Asli muaaanteep...and bagus banget linuxnya....,siapa yg bikin niiih.??

    mas untuk pilihan installnya apa disediakan juga versi command line soalna kompieku msh P4-256mb

    Ini hasil kreasi anak Jatirogo gan. . .

    instalasi via gui. . . .jgn kwtir ram segitu dah lebih dari cukup untuk jalankan linux jatirogo. . . .

    aku jadi pengen nyoba nih gan .....
    belajar remasteringnya dimana ???

    Weits Keren mas.. Jatirogo Tuban Mas? Aku Juga jatirogo

    Congrat mas Rama, utk CUP nya sdh mendukung printer apa saja ?

    Mari kita galakkan JoTOS.

    cma saran,...klo bisa di posting jg tutorial instalasinya,...

    Masalah printer aku test canon, epson, hp dah masuk dengan baik. . . .

    Minimum system requirementnya apa aja?

    mas ke'i linux jatirogone !!!!!

    sekarang linux jatirogo sudah versi berapa nih bro??

    Post a Comment

    Powered By Blogger

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More