Widget by Blogger Buster

5 Oct 2010

Sebuah Pilihan Dan Kebohongan

Sebuah Pilihan Dan Kebohongan
(Di Balik Wajah Gembira Lomba TKN)

Sebuah wajah lelah tampak terpancar dari gerombolan murid kebersihan setelah berjam-jam mengabulkan permohonan dari guru mereka. Seperti beberapa tahun lalu, saat akan diadakan penilian kebersihan, jam-jam pelajaran jadi berubah total menjadi jam bersih-bersih.
Entah sebuah keterpaksaan atau kesadaran, para penimba ilmu menjadi “cleaning robot” di sekolahnya sendiri. Memang tidk dipungkiri, banyak dari mereka yang merasa senang karena merasa terbebas dari jam pelajaran yang menurut mereka cukup membosankan dan melelahkan.
Mengapa ini harus dilakukan? Demi kemenangan? Demi gengsi? Kenapa harus menutupi sebuah fakta? Tahun lalu memang sekolah ini mendapat juara ke-dua lomba Tuban Kinarya Nugraha, namun jika melihat keadaan sampah setelah lomba tersebut, apakah kita pantas membanggakan kemenangan tahun lalu?
Sebuah kebohongan memang, namun mengapa tidk ada yang memprotes?? Apa mulut kita telah dibungkam rasa takut? Apa mata kita sudah terhalangi dengan godaan juara?
Sebenarnya bukan permasalahan yang serius jika pemimpinnya adil dalam melakukan perbaikan dan pembangunan ini. Namun jika melihat ruangan-ruangan di sekolah yang sampai saat ini tidak berfungsi dan kurang diperhatikan keberadaanya tiada salahnya menyalahkan pemimpin itu.
Ingin juara tapi belum memiliki sikap juara? Apakah sudah pantas? Semoga, tahun ini Sekolah ini mendapat peringkat pertama. Karena hanya dengan itu, tahu-tahun berikutnya tidak aka ada yang mimilih jalan kebohongan untuk mencapai tujuan.

0 comments:

Post a Comment

Powered By Blogger

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More